Anggrek Hitam "The Black Orchid"

Anggrek Hitam dengan nama latin Coelogyne pandurata merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh di hutan Kalimantan. Diberi nama anggrek hitam bukan berarti bunga cantik ini memiliki warna hitam, bagian bunga yang berwarna hitam hanya pada bagian labellum atau lidahnya saja, sedangkan pada bagian lainnya berwarna hijau muda dan hijau tua. Di Indonesia sendiri, keberadaan anggrek hitam di habitat alaminya sudah sulit ditemukan

Anggrek Hitam dengan nama latin Coelogyne pandurata merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh di hutan Kalimantan. Diberi nama anggrek hitam bukan berarti bunga cantik ini memiliki warna hitam, bagian bunga yang berwarna hitam hanya pada bagian labellum atau lidahnya saja, sedangkan pada bagian lainnya berwarna hijau muda dan hijau tua. Di Indonesia sendiri, keberadaan anggrek hitam di habitat alaminya sudah sulit ditemukan. Untuk itu, pemerintah memutuskan bahwa anggrek hitam merupakan salah satu spesies anggrek yang dilindungi. Hal ini tercantum dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 7 Tahun 1999 pada tanggal 27 Januari 1999. Meskipun demikian, para kolektor anggrek, masih memperjualbelikan anggrek ini, karena memang anggrek ini memiliki harga yang tinggi.

ciri-ciri, morfologi, klasifikasi, habitat anggrek hitam

Selain ditemukan di pulau Kalimantan anggrek hitam juga dapat diemukan di Sumatera. Di Provinsi Kalimantan Timur, anggrek hitam merupakan maskot kebanggaan. Selain di Indonesia, jensi lain anggrek hitam juga ditemukan di Pulau Samar dan Pulau Luzon (Fillipina), Mindanao serta di Semenanjung Malaya. Anggrek hitam termasuk pada famili Orchidaceae dan genus Coelogyne.

Habitat Anggrek Hitam
Anggrek hitam merupakan anggrek yang pertumbuhannya optimal jika ditanam pada dataran rendah dengan sinar matahari penuh. Terutama daerah pantai, rawa atau sungai-sungai di hutan basah. Namun demikian, anggrek hitam masih dapat tumbuh pada tempat dengan ketinggian 1000-1500 m dpl. Kelembaban yang disukia tanaman anggrek hitam ini adalah 60-85%.

Morfologi Anggrek Hitam
Anggrek Hitam merupakan anggrek simpodial dengan pertumbuhan batang yang terbatas. Anggrek hitam akan tumbuh berumpun, dan masing-masing tanaman dalam rumpunnya membentuk akar tinggal (rhizome) yang saling menghubungkan antar tanaman. Dari rhizome ini akan muncul tunas baru yang muncul ke atas dan menggelembung pada bagian batangnya.

Batang yang menggelembung tersebut menyerupai umbi dan disebut dengan umbi semu (pseudobulbs). Fungsinya adalah sebagai penyimpan air dan cadangan makanan. Batangnya berbentuk bulat panjang, pipih dengan panjang mencapai 10-15 cm.

Daun pada Coelogyne pandurata ini berbentuk lonjong menyerupai daun pada tunas kelapa berwarna hijau. Rata-rata daun memiliki panjang 40-50 cm dan lebar 2-10 cm. Anggrek hitam biasa berbunga pada bulan Maret-Juni dengan bau yang cukup harum. Anggrek ini mempunyai labellum berwarna hitam dengan sedikit garis berwarna hijau dan berbulu serta mempunyai sepal dan petal yang berwarna hijau tua.

Setiap tangkai bunga terdapat lebih dari 14 kuntum bunga, dengan diameter sekitar 10 cm. kelopak bunga berbentuk lanset, melancip, berwarna hjau muda, dengan panjang 5-6 cm dan lebar 2-3 cm. Mahkota bunga berwarna hijau muda dendan bibir yang menyerupai biola, berbentuk lanset, melancip dan di tengahnya terdapat 1 alur dengan pinggiran yang mengeriting berwarna hitam atau cokelat tua.

Buah yang telah matang berbentuk jorong dengan panjang ±7 cm dan lebar 2-3 cm. dari sekian banyak bunga yang mekar, hanya sedikit yang dapat menghasilkan buah. Selain dengan biji, anggrek hitam juga dapat diperbanyak menggunakan umbi yang telah dipisahkan.

Klasfikasi Anggrek Hitam
    
Kerajaan  : Plantae;
Divisi        : Magnoliophyta;
Kelas         : Liliopsida;
Ordo         : Asparagales;
Famili       : Orchidaceae;
Genus       : Coelogyne;
Spesies     : Coelogyne pandurata;

Beralihnya fungsi hutan untuk perkebunan dan pemukiman serta terjadinya kebakaran hutan yang terjadi tiap tahun semakin membuat populasi Anggrek hitam di alam liar semakin terancam kepunahannya. Untuk itu mari kita jaga bersama kekayaan alam Indonesia, Jangan sampai hanya menjadi sebuah legenda untuk anak cucu kita.

(dikutip dari berbagai sumber)

COMMENTS

Nama

Aves Ayam Ekosistem Perairan endemik Fauna Flora Ichtiologi Ikan Ikan Air Tawar Mikrobiologi Phytoplankton Pisces Plankton Rafflesia Arnoldii rodentia
false
ltr
item
www.ranbio.com: Anggrek Hitam "The Black Orchid"
Anggrek Hitam "The Black Orchid"
Anggrek Hitam dengan nama latin Coelogyne pandurata merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh di hutan Kalimantan. Diberi nama anggrek hitam bukan berarti bunga cantik ini memiliki warna hitam, bagian bunga yang berwarna hitam hanya pada bagian labellum atau lidahnya saja, sedangkan pada bagian lainnya berwarna hijau muda dan hijau tua. Di Indonesia sendiri, keberadaan anggrek hitam di habitat alaminya sudah sulit ditemukan
https://4.bp.blogspot.com/-SO-YAddeWCg/WIePVaCf_2I/AAAAAAAAAYk/_rXuVWYWw2wwhdylEwK3hRqpLgNwTap_QCLcB/s640/anggrek%2Bhitam.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-SO-YAddeWCg/WIePVaCf_2I/AAAAAAAAAYk/_rXuVWYWw2wwhdylEwK3hRqpLgNwTap_QCLcB/s72-c/anggrek%2Bhitam.jpg
www.ranbio.com
http://www.ranbio.com/2017/01/ciri-morfologi-klasifikasi-habitat-anggrek-hitam.html
http://www.ranbio.com/
http://www.ranbio.com/
http://www.ranbio.com/2017/01/ciri-morfologi-klasifikasi-habitat-anggrek-hitam.html
true
5426768668534258
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy