Mengenal Lebih Dekat "Bunga Keabadian" Anaphalis javanica

Bunga edelweiss atau Anaphalis javanica merupakan salah satu tanaman yang amat populer dikalangan masyarakat terlebih lagi bagi mereka yang sering berpergian ke pegunungan. Pada umumnya Bunga Edelweiss dapat dengan mudah kita jumpai pada dataran tinggi seperti gunung atau bukit yang tersebar di sekitar Sumatera Selatan, Pulau Jawa, Lombok, dan Sulawesi Selatan.

Bunga edelweiss atau Anaphalis javanica merupakan salah satu tanaman yang amat populer dikalangan masyarakat terlebih lagi bagi mereka yang sering berpergian ke pegunungan. Pada umumnya Bunga Edelweiss dapat dengan mudah kita jumpai pada dataran tinggi seperti gunung atau bukit yang tersebar di sekitar Sumatera Selatan, Pulau Jawa, Lombok, dan Sulawesi Selatan. Tanaman edelweiss ini termasuk dalam genus Anaphalis yang terdiri dari 1.600 hingga 1.700 genus yang menyebar diseluruh dunia dengan jumlah lebih dari 30.000 spesies.

klasifikasi dan morfolofi bunga edelweis

Bunga Edelweiss dapat tumbuh dengan sangat baik pada tempat ketinggian yang memiliki tempat lembab dan terbuka. Bunga Edelweiss butuh waktu sekitar 5 tahun lamanya untuk memekarkan bunganya secara sempurna. Biasanya Bunga Edelweiss ini memiliki warna putih dengan sedikit corak kekuningan dan putih abu abu dengan corak kehijauan.

Selain termasuk ke dalam golongan tanaman unik dengan julukan bunga abadi bunga ini juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan dan kecantikan. Ekstrak dari Bunga Edelweiss memiliki kandungan senyawa antioksidan dan fitokimia yang memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Manfaat tersebut sudah lama ditemukan dan digunakan, namun tidak begitu tenar karena banyak masyarakat yang beranggapan bila Bunga Edelweiss ini tidak cocok digunakan sebagai obat, padahal anggapan tersebut sangat salah. Untuk mengenal lebih jauh tentang Bunga Edelweiss, mari kita simak Klasifikasi dan Morfologi Bunga Edelweiss berikut ini :

Klasifikasi Bunga Edelweiss
Kingdom                : Plantae
Divisi                     : Magnoliophyta ( Tumbuhan berbunga )
Kelas                     : Magnoliopsida ( berkeping dua / dikotil )
Ordo                      : Asterales
Famili                    : Asteraceae
Genus                    : Anaphalis DC.

Spesies                  : Anaphalis javanica

Morfologi Bunga Edelweiss
Bunga Edelweiss ini sama sekali tidak memiliki racun apapun, bahkan tanaman ini lebih sering digunakan sebagai bahan alternative untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti mengobati sakit perut, gangguan pernafasan, obat herbal untuk menghentikan diare atau murus, meremajakan sel sel kulit agat tampak lebih muda dan segar, melancarkan sirkulasi atau peredaran darah, hipertensi, mempercepat penyembuhan luka, mencegah dan mengatasi iritasi, anti-inflamasi, serta antioksidan yang terkandung di dalam Bunga Edelweiss dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk menjaga daya tahan tubuh dan mengatasi radikal bebas, hingga menyembuhkan Tuberculosis (TBC), bahkan menjaga kulit tetap kencang dan menyamarkan keriput. Biasanya masyarakat menjadikannya sebagai salep untuk pengobatan luar atau dikeringkan dan diseduh dijadikan the untuk dikonsumsi.

Akar
Bunga Edelweiss memiliki akar yang merambat atau akar yang hanya menyebar di permukaan, pada umumnya tanaman seperti ini memiliki sifat epifit yang dapat melakukan simbiosis dengan hanya membutuhkan tanaman lain untuk memnantu perluasan penyerapan atau pengambilan nutrisi dan air di dalam tanah. Tanaman ini dapat bertahan hidup dalam tanah tandus sekalipun berkat akatr Bunga Edelweiss yang bersimbiosis dengan jamur mikoriza sehingga membuat tanaman ini dapat memperluas pengambilan nutrisi dan air dari tanah. Bunga Edelweiss merupakan jenis tanaman perdu yang memiliki umur tahunan atau dua tahunan.

Daun
Bunga Edelweiss memiliki warna daun putih yang berbulu, berbentuk tombak dengan tulang yang menyirip, serta memiliki tangkai daun dengan ukuran 3 hingga 20 cm bahkan bisa hingga 40 cm. Daun Bunga Edelweiss memiliki manfaat yang sangat baik untuk dijadikan sebagai bahan alternative untuk menyembuhkan beragam penyakit.

Bunga
Bunga Edelweiss memiliki jumlah kepala bunga sebanyak 5 - 6 kepala bunga yang memiliki ukuran yang sangat kecil hanya 5 mm dan berwarna kuning. Bagian kepala pada Bunga Edelweiss ini dikelilingi dan tertutup oleh daun muda yang menyerupai bintang. Tanaman ini memiliki bunga yang tersusun rapih pada kuntumnya serta perkembangan dan pertumbuhan petalnya dilingkari dan terpusat oleh bractea. Bunga Edelweis memiliki warna putih dengan corak kuning, putih abu abu sedikit kehijauan, merah, biru, dan ungu. Proses penyerbukan pada tanaman ini biasanya akan dibantu oleh angin atau binatang yang ada di sekitar tanaman.

Bunga Edelweiss dangat disukai oleh banyak serangga, lebih dari 300 jenis serangga seperti kutu, kupu kupu, lalat, hingga lebah yang sering hinggap pada tanaman ini. Biasanya Bunga Edelweiss hanya tumbuh pada bulan April hingga bulan Agustus yang memiliki fase mekar bunga terbaik pada bulan Juli hingga Agustus.

Penulis : Rina Setiawati
Editor   : Amran Halim

(Dikutip dari berbagai sumber)

COMMENTS

Nama

Aves Ayam Ekosistem Perairan endemik Fauna Flora Ichtiologi Ikan Ikan Air Tawar Mikrobiologi Phytoplankton Pisces Plankton Rafflesia Arnoldii rodentia
false
ltr
item
www.ranbio.com: Mengenal Lebih Dekat "Bunga Keabadian" Anaphalis javanica
Mengenal Lebih Dekat "Bunga Keabadian" Anaphalis javanica
Bunga edelweiss atau Anaphalis javanica merupakan salah satu tanaman yang amat populer dikalangan masyarakat terlebih lagi bagi mereka yang sering berpergian ke pegunungan. Pada umumnya Bunga Edelweiss dapat dengan mudah kita jumpai pada dataran tinggi seperti gunung atau bukit yang tersebar di sekitar Sumatera Selatan, Pulau Jawa, Lombok, dan Sulawesi Selatan.
https://1.bp.blogspot.com/-GqwXQGvxBXc/WIgeWo1k8oI/AAAAAAAAAY0/p5bizyqjXwUIGd7lyG2voKSPl85n4fIlACLcB/s400/Anaphalis%2Bjavanica.JPG
https://1.bp.blogspot.com/-GqwXQGvxBXc/WIgeWo1k8oI/AAAAAAAAAY0/p5bizyqjXwUIGd7lyG2voKSPl85n4fIlACLcB/s72-c/Anaphalis%2Bjavanica.JPG
www.ranbio.com
http://www.ranbio.com/2017/01/klasifikasi-morfologi-bunga-edelweiss-Anaphalis-javanica.html
http://www.ranbio.com/
http://www.ranbio.com/
http://www.ranbio.com/2017/01/klasifikasi-morfologi-bunga-edelweiss-Anaphalis-javanica.html
true
5426768668534258
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy