Sejarah dan Ciri Bunga Bangkai Amorphophallus titanum

Bunga Bangkai pertama kali ditemukan oleh Odoardo Beccari seorang pakar botani, berkebangsaan Italia pada tahun 1878 dalam perjalanannya di Kepahiang Rejang Lebong (Bengkulu). Kemudian oleh rekannya Prof. Giovanni Arcaneli dari Turin, bunga ini diberi nama ilmiah Amorphophallus titanum Beccari. Bunga bangkai lebih dikenal dengan sebutan Suweg Raksasa. Bau bunga menimbulkan kesan tidak enak, seolah-olah bau bangkai yang busuk.

Sejarah Bunga Bangkai Amorphophallus titanum
Bunga Bangkai pertama kali ditemukan oleh  Odoardo Beccari seorang pakar botani, berkebangsaan Italia pada tahun 1878 dalam perjalanannya di Kepahiang Rejang Lebong (Bengkulu). Kemudian oleh rekannya Prof. Giovanni Arcaneli dari Turin, bunga ini diberi nama ilmiah Amorphophallus titanum Beccari. Bunga bangkai lebih dikenal dengan sebutan Suweg Raksasa. Bau bunga menimbulkan kesan tidak enak, seolah-olah bau bangkai yang busuk. 

Amorphophallus titanum


Klasifikasi Bunga Bangkai
Bunga Bangkai diklasifikasikan sebagai berikut :

Kingdom   :   Plantae (Tumbuhan)
Divisi        :   Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas        :   Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Ordo         :   Arales
Famili       :    Araceae (suku talas-talasan)
Genus      :    Amorphophallus
Spesies    :    Amorphophallus titanum

Selain Amorphophallus titanum masih banyak lagi spesies lainnya seperti : Amorphophallus gigas (Amorphophallus raksasa sumatera) Amorphophallus decussilvae (Bunga bangkai jangkung, bunga bangkai jawa barat) Amorphophallus beccarii; Amorphophallus campanulatus (Suweg); Amorphophallus oncophyllus (iles-iles, porang, ileus) dan lain sebagainya.

Bungai bangkai memiliki ciri khas baunya yang luar biasa menyengat, itulah mengapa bunga ini dinamakan dengan bunga bangkai. Fakta yang beredar di masyarakat saat mendengar bunga bangkai yang terlintas adalah bunga Rafflesia arnoldi, padahal kedua jenis bunga ini sangatlah berbeda meski sama-sama mengeluarkan bau seperti bangkai, berikut beberapa perbedaan antara Bunga Bangkai Amorphophallus titanum dengan Rafflesia arnoldi :
  • Perbedaan dalam hal bentuk, Amorphophallus titanum berbentuk kerucut seperti jagung yang masih berbalut, sedangkan Rafflesia arnoldi berbentuk bundar melebar dengan lubang pada bagian tengahnya.

  • Amorphophallus titanum termasuk dalam suku Aristolochiaceae dan merupakan tumbuhan monokotil, sedangkan Rafflesia arnoldii termasuk dalam suku Rafflesiaceae dan merupakan tumbuhan dikotil.

  • Amorpohophallus titanum adalah berasal dari umbi yang tertanam didalam tanah. Sedangkan Rafflesia arnoldi merupakan tumbuhan parasit yang tumbuh pada akar-akar liana dan menyebarkannya terutama adalah babi hutan yang tidak sengaja melukai akar liana dengan injakan. Pada injakan bekas kuku babi hutan itulah spora rafflesia tersimpan dan menemukan tempat yang cocok untuk tumbuh.
Silahkan baca :


Bunga bangkai mengalami 2 fase dalam hidupnya yang muncul secara bergantian dan terus menerus, yaitu fase vegetatif (aseksual) dan generatif (seksual). Selama fase vegetatif, di atas umbi akan muncul batang tunggal dan daun yang secara keseluruhan  dan sekilas mirip dengan pohon pepaya. Bunga bangkai dapat mencapai ketinggian sekitar 2 meter dengan rentang mahkotanya mencapai 1-5 meter. Bunga bangkai mengalami 2 fase dalam hidupnya yang muncul secara bergantian dan terus menerus, yaitu fase vegetatif (aseksual) dan generatif (seksual). Selama fase vegetatif, di atas umbi akan muncul batang tunggal dan daun yang secara keseluruhan  dan sekilas mirip dengan pohon pepaya. 

Bunga bangkai dapat mencapai ketinggian sekitar 2 meter dengan rentang mahkotanya mencapai 1-5 meter bahkan lebih. Saat ini Populasi bunga bangkai liar sudah semakin berkurang karena habitat alaminya banyak mengalami alih fungsi menjadi lahan pertanian, perkebunan, dan pemukiman. Penyebab lainnya adalah masyarakat yang merasa terancam dengan bau busuk bunga ini, lalu memotong bunga dan daunnya.
  
(Dikutip dari berbagai sumber)

COMMENTS

Nama

Aves Ayam Ekosistem Perairan endemik Fauna Flora Ichtiologi Ikan Ikan Air Tawar Mikrobiologi Phytoplankton Pisces Plankton Rafflesia Arnoldii rodentia
false
ltr
item
www.ranbio.com: Sejarah dan Ciri Bunga Bangkai Amorphophallus titanum
Sejarah dan Ciri Bunga Bangkai Amorphophallus titanum
Bunga Bangkai pertama kali ditemukan oleh Odoardo Beccari seorang pakar botani, berkebangsaan Italia pada tahun 1878 dalam perjalanannya di Kepahiang Rejang Lebong (Bengkulu). Kemudian oleh rekannya Prof. Giovanni Arcaneli dari Turin, bunga ini diberi nama ilmiah Amorphophallus titanum Beccari. Bunga bangkai lebih dikenal dengan sebutan Suweg Raksasa. Bau bunga menimbulkan kesan tidak enak, seolah-olah bau bangkai yang busuk.
https://3.bp.blogspot.com/---QOAer33rE/WIWdKth38cI/AAAAAAAAAXk/zTEfVhpdPJsUtzNWs0QSrRRNZiIAstZEwCLcB/s640/bunga%2Bbangkai.jpg
https://3.bp.blogspot.com/---QOAer33rE/WIWdKth38cI/AAAAAAAAAXk/zTEfVhpdPJsUtzNWs0QSrRRNZiIAstZEwCLcB/s72-c/bunga%2Bbangkai.jpg
www.ranbio.com
http://www.ranbio.com/2017/01/sejarah-dan-ciri-bunga-bangkai.html
http://www.ranbio.com/
http://www.ranbio.com/
http://www.ranbio.com/2017/01/sejarah-dan-ciri-bunga-bangkai.html
true
5426768668534258
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy